Perbedaan Sales dan Marketing dalam Perusahaan

Perbedaan antara penjualan dan pemasaran sering dilihat sebagai keseluruhan dan keseluruhan. Di setiap perusahaan, ia pasti memiliki beberapa departemen, bagian atau divisi yang memiliki tugas masing-masing. Bagian-bagian ini meliputi layanan pelanggan, penjualan pemasaran, pengembang, dan sebagian lainnya. Tetapi bagian yang sulit adalah penjualan dan pemasaran.

Banyak orang berpikir bahwa pemasaran dan penjualan adalah bagian yang sama karena tugas dan fungsinya dianggap sama. Tidak hanya dalam hal pekerja, beberapa perusahaan terkadang menyamakan peran keduanya. Tapi tetap saja, penjualan dan pemasaran adalah bagian dari strategi perusahaan untuk pendapatan, tetapi tentu saja keduanya berbeda.
Jadi apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran? Beberapa orang yang tidak tahu pasti akan menganggap hal yang sama. Orang-orang umumnya melihat penjualan dan pemasaran sebagai penjual produk. Jika dilihat lebih dalam, penjualan dan pemasaran digunakan sebagai strategi perusahaan untuk mencapai tujuan. Namun, fokus tugas antara penjualan dan pemasaran adalah masalah yang berbeda.

Perbedaan penjualan dan pemasaran

Definisi

Penjualan adalah bagian yang lebih jelas dari perusahaan yang tugasnya menjual dan memasarkan produk yang dijual dengan harga yang disepakati dan mengadakan perjanjian dengan konsumen. Sementara itu, pemasaran adalah keseluruhan sistem kegiatan bisnis. Tugas pemasaran dimulai dari merencanakan suatu produk, menetapkan harga yang tepat, mempromosikan produk, dan mendistribusikan barang. Pemasaran memiliki tugas untuk membuat dan mendistribusikan barang untuk memuaskan konsumen. Jika dianggap sebagai keseluruhan, penjualan adalah penjualan, sedangkan pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan penjualan.

Proses kerja

Jika Anda mengacu pada gagasan penjualan, proses kerja penjualan adalah untuk bertemu langsung dengan konsumen. Namun seiring dengan perkembangan zaman, penjualan kini dapat melakukan penjualan melalui media sosial. Pada dasarnya, kegiatan penjualan adalah interaksi langsung dengan konsumen dan mereka berdua membuat kesepakatan dengan mulus.

Baca juga : Cara Membuat Jurnal Umum

Untuk membantu tim penjualan melaksanakan tugasnya dengan baik, pemasaran diperlukan untuk melakukan analisis pasar, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan cara ini, pemasaran mendukung kegiatan di balik penjualan. Pemasaran bertugas menemukan cara yang tepat untuk mempromosikan, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk dan lainnya.

Singkatnya, dapat dikatakan bahwa pemasaran memiliki tugas menyiapkan konsep, alat, dan strategi untuk menarik konsumen. Sedangkan penjualan bertugas melayani konsumen sehingga produk perusahaan laku.

Prioritas kerja

Dalam hal ini, Anda dapat melihat perbedaan dalam penjualan dan pemasaran aktivitas target. Prioritas pekerjaan untuk pemasaran adalah untuk mendapatkan pelanggan, menjangkau dan membangun hubungan yang baik. Sedangkan tugas penjualan adalah melayani dan membantu konsumen mendapatkan barang yang mereka cari. Dari prioritas keduanya, dapat disimpulkan bahwa penjualan dan pemasaran adalah bagian yang saling terkait dan sinergis.

Lingkup pekerjaan

Jika dilihat dari ruang lingkup pekerjaan, pekerjaan penjualan dengan periode waktu yang singkat terbatas pada konsumen yang mencari dan mendapatkan produk yang mereka cari. Sementara itu, pemasaran memiliki pekerjaan jangka panjang. Benar itu karena mereka harus menjaga hubungan baik dengan penjual atau konsumen. Setelah melakukan kegiatan pemasaran, bagian ini masih bertanggung jawab untuk menjaga hubungan sehingga pelanggan tetap loyal terhadap produk perusahaan.

Setelah mengetahui perbedaan antara penjualan dan pemasaran, perusahaan tidak akan berhasil jika hanya dibangun di satu bagian. Selain itu, mengembangkan bisnis memerlukan perencanaan dan manajemen yang tepat, mulai dari perencanaan hingga manajemen keuangan. Untuk membantu dengan kegiatan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Finata yang menyediakan berbagai fungsi untuk manajemen perusahaan. Software akuntansi finata.id ini akan membantu Anda melakukan berbagai proses akuntansi untuk mengelola bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *