Suasana Malam Hari di Jalan Tunjungan Surabaya

Sejak program restorasi Jalan Tunjungan beberapa waktu lalu, kini Surabaya memiliki ikon baru. Ikonnya adalah taman gantung. Taman ini terletak tepat di utara Gedung Siola de Surabaya, yang sekarang digunakan sebagai Pusat Komersial Layanan Terpadu untuk Pemerintah Kota Surabaya.

Sebenarnya, taman gantung ini adalah jembatan penyeberangan yang menghubungkan kedua sisi Jalan Tunjungan. Oleh pemerintah kota Surabaya, jembatan ini disempurnakan dengan berbagai tanaman hias seperti anggrek yang ditanam di sekitar pagar jembatan. Tidak hanya itu, kursi taman dipasang di seluruh taman sehingga pengunjung yang menyeberang dapat duduk dan menikmati kota Surabaya yang berkilauan dari atas.

Untuk sampai ke taman ini, pertama-tama kita harus masuk melalui Gedung Siola. Lalu kami naik eskalator ke lantai tiga. Jembatan penyeberangan ini terletak tidak jauh dari ruang kerja bersama pemerintah kota Surabaya. Sebelum memasuki jembatan, ada serangkaian mural yang menggambarkan kota Surabaya, yang sayangnya tidak digunakan sebagai tempat untuk mengambil foto.

Di taman gantung di Jalan Tunjungan ini, kita bisa melihat keramaian Jalan Tunjungan Surabaya. Beberapa bangunan tua yang ada di sepanjang jalan juga menjadi daya tarik. Ada toko kacamata, bank swasta dan, dari kejauhan, Hotel Majapahit, juga dikenal sebagai Hotel Yamato, adalah tempat di mana bendera Belanda secara historis terkoyak selama perang kemerdekaan.

Dari kejauhan, Anda juga dapat melihat kompleks perbelanjaan Tunjungan Plaza, mulai dari Tunjungan Plaza 1 hingga 6. Dari sisi lain jalan, ada juga Gedung Siola yang telah dirawat sejak zaman kolonial. Namun, yang membuatnya unik adalah adanya persilangan pelikan. Alat bantu ini terletak di dekat taman gantung. Saat pengguna jalan menyeberang, lagu Ayo Ayo Rek akan terdengar.

Lagu ini adalah lagu khas dari kota Surabaya yang berisi undangan untuk berjalan-jalan melalui Jalan Tunjungan. Jadi keberadaan Jalan Tunjungan telah menjadi ikon kota ini sejak dahulu kala. Menjadi salah satu daerah denyut nadi kota, kota ini menghubungkan selatan dan utara Surabaya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan Taman Hanging Jalan Tunjungan, yang sangat terawat. Sampah yang berserat tidak tampak tersebar karena telah tersedia dengan cukup. Karenanya, taman ini sangat dianjurkan ketika mengunjungi Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *