Wisata Tersembunyi Suku Air Desa Torsiaje Provinsi Gorontalo

Kota Torsiaje adalah salah satu tujuan wisata di provinsi Gorontalo. Kota Torsiaje terletak di distrik Popayato, kabupaten Pohuwato, provinsi Gorontalo. Kota Torsiaje dihuni oleh suku Bajo yang dikenal sebagai suku laut, ini karena kota Bajo berada di perairan laut Teluk Tomini dan berjarak sekitar 600 meter dari daratan.

Menariknya, terlepas dari kenyataan bahwa pemukiman itu dibangun di atas air, kota ini memiliki lapangan bulu tangkis. Ada juga taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, dan masjid. Bagi teman-teman yang ingin tahu bagaimana kegembiraan kisah tentang Kampung Bass bacalah sampai akhir. Jadikan lebih menyenangkan, sambil membaca baca minuman panas hehe ..

Kisah ini dimulai seminggu setelah pernikahan saya dengan Silvie Luciana Mohammad Al-Habsy. Sebelumnya, kami telah merencanakan bahwa setelah menikah kami akan mengelilingi pariwisata di provinsi Gorontalo. Pada hari Minggu 28 April 2019, saya dan istri bepergian ke Kabupaten Pohuwato. Setibanya di distrik Pohuwato, kami langsung pergi ke rumah teman istri saya, Ezky (Ketua Penuh Dewan Buruh Cabang Pohuwato).

Catatan: Tinggalkan kota Gorontalo pukul 05.55 WITA hingga Kabupaten Pohuwato pada pukul 10:45

Setelah salat tengah hari, kami mencari makanan di kawasan wisata Pantai Cinta. Karena suasananya sangat panas saat itu, kami hanya menikmati makan siang dengan minuman segar sambil menikmati pemandangan pantai yang menenangkan. Dalam hati saya dia berkata, “Berkat yang sangat besar diberikan oleh Tuhan untuk ditemani oleh istrinya sambil minum es dogan di pantai.”

Setelah kenyang dan tenggorokannya basah, kami juga segera kembali ke rumah Ezky. Kami berencana untuk kembali ke pohon Pantai Cinta dan hutan bakau setelah shalat Ashar, tetapi sore itu hujan turun sampai malam, jadi kami baru saja pulang.

Perjalanan ke desa Torsiaje

Keesokan harinya pukul 07.30 WITA, istri saya, Ezky dan saya pergi ke desa Torsiaje. Sekitar jam 9:30 kami tiba di dermaga, lalu naik kapal untuk mencapai pemukiman di laut. Ini pemandangan yang sangat indah di sini, banyak bintang laut dan ikan kecil yang cantik seolah menari menunggu kedatangan kita, hehehe

Setibanya di Kampung Torsiaje, kami segera berbalik sambil mengambil foto dan membuat video untuk YouTube. Sambil berjalan melalui kota ini, saya terus memperhatikan kehidupan sehari-hari masyarakat Bajo. Di kota ini tidak hanya ada rumah, tetapi juga taman kanak-kanak, sekolah dasar, kantor desa, pusat kesehatan, masjid dan tempat-tempat penting lainnya.

Catatan: Kapal dikenai biaya 10.000 IDR / orang pulang pergi.

Karena ada pemukiman di atas laut di sini, sebagian besar penduduknya adalah nelayan dan memelihara ikan di bawah rumah atau di depan rumah mereka.

Saya melanjutkan ke kota Torsiaje pergi ke sekolah dasar karena anak-anak di luar kelas melihatnya. Kami juga menyambut dan mengundang Anda untuk mengambil foto dan membuat video bersama. Dalam video itu saya mengajak anak-anak untuk mengatakan “Wong Kito Galo”, yang berarti orang-orang dari kita semua. Moto “Wong Kito Galo” adalah slogan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang Palembang.

Desa Torsiaje juga menawarkan akomodasi yang disediakan oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Diketahui bahwa harga akomodasi di sini tidak terlalu mahal yaitu Rp. 100.000 / malam. Dan ketika akomodasi di sini penuh, kita juga bisa tinggal di rumah-rumah penduduk setempat.

Menarik, bukankah ada seseorang yang ingin datang ke sini? Mari memajukan pariwisata Indonesia dengan menyebarkan berbagai pariwisata di Indonesia. Siapa tahu, jika Anda menyebarkan ini, semakin banyak orang tahu tentang tempat ini. Terima kasih telah mengunjungi blog ini dan kami menantikan tulisan selanjutnya.