Wisata Goa Jomblang, Akses, Aktivitas, Harga Tiket

Goa Jomblang terletak di Pegunungan Karts di Gunungkidul. Gua ini adalah salah satu gua dari sekitar 500 gua di pegunungan. Gua ini memiliki mulut gua vertikal dengan jarak yang bervariasi dari tepi gua ke lantai dasar. Yang terdalam sekitar 80 meter. Kemampuan untuk melakukan teknik tali tunggal (SRT) diperlukan untuk memasuki gua yang dalam ini.

Goa Jomblang Gunung Kidul ternyata memiliki kisah dan sejarah yang sangat kelam. Pada era 1970-1980, gua ini digunakan sebagai situs untuk pembunuhan massal dan pemindahan mayat anggota PKI. Lusinan dan bahkan ratusan anggota yang dicurigai sebagai PKI diyakini telah meninggal dan berakhir di gua Jomblang. Menurut fakta, mereka semua berbaris dalam kelompok di ujung gua dengan tangan terikat. Ketika seseorang dirobohkan ke gua, anggota lainnya akan jatuh.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan olahraga fisik, jalan setapak yang digunakan untuk mencapai dasar gua akan sangat melelahkan dan berat. Juga, cerita-cerita seram tentang gua para penjelajah yang telah masuk sebelumnya, dapat membuat para penjelajah merasa terintimidasi sebelum memasuki gua Jomblang. Namun, begitu Anda telah memasukkan semua perasaan menghantui sebelumnya, Anda akan digantikan oleh keindahan Goa Jomblang.

Sementara di bagian bawah Gua Singa, kita dapat menemukan beberapa tanaman yang tumbuh subur, di dinding batu kapur yang ditutupi oleh tanaman lebat. Setelah mencapai dasar gua, wisatawan dapat beristirahat di tempat seperti ruangan yang terbentuk secara alami. Selain itu, wisatawan dapat melanjutkan pencarian melalui lorong-lorong yang menghubungkan gua Jomblang dengan gua-gua vertikal lainnya. Jalur penghubung kedua gua cukup lebar, beberapa memiliki lebar sekitar 500 meter. Untuk menjelajahi gang, wisatawan dapat dengan mudah melintas karena ada jalan setapak yang terbentuk dari bebatuan yang telah diatur sedemikian rupa. Tetapi penjelajah juga harus berhati-hati karena jalannya bisa sangat licin karena kelembaban.

Setelah Goa Jomblang dan wisatawan menyusuri lorong menuju Gua Grubuk. Wisatawan disarankan untuk mencapai bagian bawah gua Grubug tepat pukul 1 siang. Karena wisatawan akan dapat melihat pemandangan indah dari sinar matahari yang mengalir melalui apa yang biasa disebut cahaya dari surga. Mau lebih tau dengan Goa Jomblang? Cek Paket Wisata Jogja yang kami tawarkan untuk berkunjung kesana.

Akses ke Goa Jomblang

Untuk pergi ke Goa Jomblang di Gunung Kidul, wisatawan dapat memanfaatkan transportasi kota, seperti minibus atau angkutan umum. Dari arah terminal Giwangan, naik angkot atau bus Jogja-Wonosari, lalu ganti transportasi ke kabupaten Semanu. Anda juga dapat meninggalkan barang-barang Anda dan membawa barang untuk dibawa ke gua: berjalan kaki 3 km ke tepi gua dan tiba.

Harga tiket masuk ke Goa Jomblang

Tidak ada biaya untuk memasuki gua ini. Untuk peralatan pribadi itu gratis, tetapi lebih baik untuk meminta izin dari kepala dukuh di sana. Namun layanan operator juga disediakan untuk panduan dan peralatan, yaitu sekitar Rp. 450.000 hingga Rp. 1.000.000 dan itu hanya untuk satu orang.

Aktivitas di Goa Jomblang

Wisatawan dapat melewati kepala rumah dukuh, yang selalu digunakan untuk menerima wisatawan. Biasanya wisatawan dengan tulus mengikat sejumlah uang untuk berterima kasih kepada Kepala Dusun.

Demikian artikel tentang Goa Jomblang. Semoga artikel ini dapat membantu. Itu saja dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *